Wednesday, February 10, 2010

Menjadikan Lingkungan Sebagai Laboratorium IPA

Mendengar kata "Kalimantan" yang terlintas dalam benak kita adalah hutan belantara dan ribuan anak sungai. Gambaran seperti itu setidaknya tepat untuk melukiskan keadaan di daerah-daerah pedalaman Kalimantan.

Di Kalimantan terdapat pula beberapa danau seperti Danau Jempang, Semayang, dan Melintang. Danau Jempang bahkan merupakan danau kelima terluas di Indonesia. Ketiga danau tersebut berada di Provinsi Kalimantan Timur dan terletak di Daerah Aliran Sungai Mahakam bagian tengah. Di sekitar wilayah danau terdapat pemukiman yang juga dikelilingi hutan yang masih lebat.

Selain manfaat di bidang lainnya, danau dan hutan juga menyediakan keanekaragaman hayati yang sangat melimpah. Hal ini membuka peluang untuk menjadikan danau dan hutan di sekitar pemukiman sebagai sarana pembelajaran IPA atau sebagai laboratorium IPA yang besar dan luas. Hal ini jika dimanfaatkan secara optimal tentu dapat meningkatkan efektivitas KBM mata pelajaran IPA.

Ide menjadikan Alam dan lingkungan sekitar sebagai laboratorium memang bukan sebuah ide yang baru apalagi orisinil. Lewat artikel ini, penulis hanya mencoba untuk berbagi pengalaman dengan harapan dapat memberikan manfaat bagi dunia pendidikan di negeri ini.

No comments:

Post a Comment